Pantai Berpasir Hitam dengan Suasana Tenang dan Sepi

Membahas keindahan Pulau Bali memang tidak akan ada habisnya. Pantai-pantai indah menjadi suguhan istimewa dan utama, karena menawarkan sesuatu hal yang berbeda dan indah. Pantai menjadi tempat ideal untuk dapat membantu manusia menghilangkan penat dan beban pikiran. Apalagi pantai tersebut memiliki suasana yang indah, nyaman, dan tenang, seperti yang dapat kalian rasakan di Pantai Masceti. Pantai ini berlokasi di Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Adapun jarak tempuh dari pusat Kota Denpasar menuju lokasi Pantai Masceti sekitar 21,3 km, dengan waktu tempuh sekitar 36 menit perjalanan.

 

Sumber foto: www.nusantarakumedia.com/IGustiBagusAryaPutra

 

Pantai Masceti menyuguhkan keindahan pantai berpasir hitam, alamnya tenang, dan sepi pengunjung. Hal ini memberikan suguhan yang spesial bagi mereka yang butuh ketenangan. Nama Pantai Masceti diambil dari nama Pura yang berada di kawasan ini, yakni Pura Masceti. Pura ini merupakan Pura Kahyangan Jagat yang menjadi penyungsungan atau tempat pemujaan seluruh umat Hindu di Bali. Keberadaan Pura tersebut sangat berkaitan dengan perjalanan suci Dang Hyang Dwijendra.

 

Sumber foto: www.nusantarakumedia.com/IGustiBagusAryaPutra

 

Karena lokasi pantai yang berdekatan dengan Pura dan bersifat sakral, maka apabila berkunjung ke Pantai Masceti diharapkan ikut menjaga dan menaati aturan yang ada atau bersikap sopan. Daya tarik wisata ini mampu menjadi terapi alam yang dapat menyegarkan pikiran kita, memulihkan kebugaran tubuh, dan kembali segar. Daya tarik pantai dengan keindahan dan ketenangan yang disuguhkan dapat memberikan suasana yang berbeda dibandingkan dengan pantai lainnya di Bali.

 

Sumber foto: www.nusantarakumedia.com/IGustiBagusAryaPutra

 

Terdapat beberapa batu-batu alam besar yang dipasang rapi di pinggir pantai, yang digunakan untuk meminimalkan terjangan ombak, sebagai pemecah ombak, bahkan sering digunakan pengunjung untuk duduk dan bersantai di batu-batu tersebut. Selain hal itu, batu-batu tersebut menambah keindahan Pantai Masceti. Di sepanjang pinggir pantai juga terpasang jalan paving yang biasa digunakan sebagai jalur jogging track. Pantai Masceti menampilkan panorama alam yang masih jarang tersentuh, dan nuansa alam yang damai serta tenang. Pantai ini menampilkan hal berbeda dibandingkan dengan pantai-pantai terkenal seperti Kuta, Sanur, dan sebagainya, yang ramai akan pengunjung.

 

Sumber foto: www.nusantarakumedia.com/IGustiBagusAryaPutra

 

Pantai Masceti memang tidak begitu populer, terkesan pantai ini lebih menyuguhkan keprivasian. Di pantai ini kalian dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam dan juga sering dimanfaatkan pengunjung untuk bermain olahraga pantai, berenang, memancing, dan lain sebagainya. Pantai Masceti juga menjadi tujuan umat Hindu untuk upacara ngaben atau juga upacara melarung bumi. Areal parkir di sekitar Pantai Masceti juga luas. Biaya masuk Pantai Masceti untuk kendaraan mobil Rp 3.000, dan motor Rp 2.000. Jadi, bagi kalian yang sedang berada di daerah Gianyar ataupun merencanakan kunjungan ke Gianyar dan ingin mencari pantai dengan suasana yang tenang, maka Pantai Masceti dapat dimasukkan ke dalam daftar kunjungan.

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *