Olahan Bahan Makanan Pahit Menjadi Lezat dengan Bumbu Urap Khas Bali

Banyak sekali berbagai jenis bahan makanan dengan rasa yang beragam mulai dari rasa manis, pahit, pedas, dan asam, diolah menjadi menu makanan lezat yang enak di lidah. Salah satu menu makanan dengan bahan dasar rasa pahit dapat kita jumpai dalam masakan Bali, yakni jukut paye urap. Makanan ini berbahan dasar sayur pare atau yang dikenal masyarakat Bali dengan istilah jukut paye. Di Bali, bahan dasar ini dikombinasikan dengan bumbu urap khas Bali. Perpaduan sayur pare dengan bumbu urap khas Bali menciptakan menu yang enak untuk dimakan.

 

Sumber foto: www.nusantarakumedia.com/IGustiBagusAryaPutra

 

Pare merupakan tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah Asia Tropis. Tumbuhan ini biasa ditanam atau dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai sayuran ataupun bahan pengobatan. Walaupun memiliki cita rasa yang pahit, tetapi pare mempunyai fungsi yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Pare dapat merangsang nafsu makan, menyembuhkan penyakit kuning, memperlancar pencernaan, sebagai obat malaria, menekan resiko diabetes, menurunkan atau menstabilkan berat badan, membersihkan darah, mengatasi asma, mampu mencegah timbulnya penyakit kanker, dan mengurangi resiko terkena serangan jantung.

 

Sumber foto: www.nusantarakumedia.com/IGustiBagusAryaPutra

 

Jukut paye urap sudah tidak begitu terasa rasa pahitnya, karena campuran bumbu urap khas Bali yang menutupi rasa pahit tersebut. Sangat mudah untuk menemukan pare, karena bahan makanan ini dapat kita temukan di pasar tradisional ataupun toko sayuran. Harga pare pun sangat terjangkau, kalian dapat mencoba menu jukut paye urap apabila berkunjung ke Bali. Sangat jarang menemukan tempat makan yang menjual menu ini, karena kebanyakan orang tidak begitu suka rasa pahit dari parenya. Namun, pada desa-desa di Bali ataupun masakan rumah masyarakat Bali, kalian dapat menemukan menu makanan ini.

 

Sumber foto: www.nusantarakumedia.com/IGustiBagusAryaPutra

 

Bagi kalian yang belum sempat berkunjung ke Bali tetapi ingin menikmati jukut paye urap, tidak perlu khawatir karena kalian dapat membuatnya di rumah. Adapun bahan-bahan yang perlu dipersiapakan, yakni

– 1 buah pare atau paye

– ½ kelapa parut

– 10 cabai keriting

– 5 cabai rawit merah

– 2 siung bawang putih

– 6 siung bawang merah

– 2 batang sereh (diiris)

– 1 bungkus terasi bakar

– 5 lembar daun jeruk (diiris)

– 1 ruas lengkuas (diiris)

– 2 buah kencur

– 2 butir kemiri

– ½ sdt ketumbar bubuk

– garam dan gula merah sesuai selera

 

Adapun proses pembuatan dan cara memasak jukut paye urap, sebagai berikut:

– rebus terlebih dahulu pare yang telah dipotong sesuai selera sampai matang.

– tiriskan pare yang telah matang.

– haluskan bumbu-bumbu yang telah disiapkan.

– tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan hingga matang dan harum.

– beri sedikit air dan masukan kelapa yang sudah diparut ke dalam tumisan bumbu.

– Setelah itu masukan pare yang telah matang dan diaduk hingga tercampur rata.

jukut paye urap khas Bali pun siap untuk disajikan.

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *