Minuman Tradisional Khas Bali yang Menyehatkan Terbuat dari Kunyit

Pulau Bali selain terkenal akan beragamnya kekayaan budaya dan destinasi pariwisata, Bali juga mempunyai berbagai minuman tradisional yang khas dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Minuman tradisional tersebut dikenal dengan nama loloh atau di Indonesia disebut jamu. Salah satu loloh yang ada di Bali, yakni loloh kunyit. Minuman ini merupakan minuman herbal khas Bali dengan tampilannya yang berwarna kuning. Loloh ini terbuat dari kunyit kuning dan kunyit putih yang dicampur dengan temu, garam, gula, daun sirih, daun pegagan, dan jeruk nipis.

 

Sumber foto: www.nusantarakumedia.com/IGustiBagusAryaPutra

 

Loloh kunyit memiliki rasa khas karena terbuat dari bahan-bahan herbal. Namun, banyak pula varian loloh kunyit yang dicampur dengan madu ataupun asam jawa, sehingga tercipta rasa manis dan asam dari bahan tambahan tersebut. Kini, sudah mulai banyak bermunculan aneka minuman dengan berbagai varian rasa yang dinikmati oleh kalangan remaja, namun tidak memiliki khasiat apabila dibandingkan dengan loloh kunyit. Kebanyakan anak muda zaman sekarang jarang dan bahkan menolak untuk minum loloh, karena rasa loloh yang dirasa kurang enak. Tetapi mereka tidak tahu, bahwa tidak semua loloh memiliki rasa pahit dan loloh kunyit termasuk minuman yang memiliki rasa manis.

 

Sumber foto: www.nusantarakumedia.com/IGustiBagusAryaPutra

 

Sesungguhnya loloh kunyit memiliki banyak khasiat, di antaranya dapat melindungi kulit dari resiko kanker kulit, mengurangi resiko leukemia, sebagai anti inflamasi, sebagai detoksifikasi untuk mengeluarkan racun alami, dapat membantu menyembuhkan luka dalam, membantu metabolisme lemak untuk program diet, dan menghilangkan rasa sakit secara alami pada perut ketika gangguan pencernaan ataupun menstruasi. Loloh kunyit mengandung kunyit yang termasuk dalam kelompok zingiberacaecae dan terkandung gula yang diolah oleh tubuh sebagai energi. Sehingga kombinasi antara kunyit dan gula dapat meningkatkan khasiat dari loloh kunyit.

 

Sumber foto: www.nusantarakumedia.com/IGustiBagusAryaPutra

 

Minuman tradisional ini banyak ditemukan di berbagai pasar tradisional ataupun warung-warung pinggir jalan di Bali. Namun, kebanyakan produksi loloh kunyit berasal dari Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli. Adapun kisaran harga loloh kunyit mulai dari Rp 5.000 – Rp 7.000. Harganya cukup terjangkau dan biasanya sering dibeli oleh ibu-ibu atau orang tua. Jarang kalangan remaja menjadi peminat loloh kunyit. Minuman tradisional ini enak diminum pada pagi hari sebelum sarapan pagi. Bahkan lebih enak lagi apabila diletakkan pada lemari pendingin, hal ini menambah rasa lezat loloh kunyit. Mulai sekarang ayo jaga kesehatan tubuh dengan minuman tradisional khas daerah kita, salah satunya loloh kunyit. Jadi, bagi kalian yang sedang berada di Bali, jangan lupa untuk membeli loloh kunyit sebagai minuman tradisional yang patut dicoba.

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *