Pura yang Dipercaya Tembus ke Pura Goa Lawah

Pura-Pura di Bali memiliki hubungan yang saling berkaitan baik dari segi sejarahnya, kisah mistisnya, maupun keunikannya. Salah satu Pura yang memiliki hubungan berkaitan adalah Pura Goa Raja dengan Pura Goa Lawah. Kita telah membahas tentang sejarah dan keunikan Pura Goa Lawah, selanjutnya mari kita membahas tentang Pura Goa Raja. Pura ini berlokasi di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Adapun jarak tempuh dari pusat Kota Denpasar menuju lokasi Pura sekitar 50,8 km, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 24 menit perjalanan.

 

Sumber foto: www.nusantarakumedia.com/IGustiBagusAryaPutra

 

Pura Goa Raja ini letaknya sangat berdekatan dengan Pura Besakih dan masih dalam satu areal. Mencari Pura Goa Raja ini sangatlah mudah, karena terdapat papan nama yang dapat dilihat jelas oleh pengunjung. Menuju lokasi persembahyangan, pengunjung akan melewati beberapa anak tangga dan melalui dinding tebing untuk dapat melihat mulut goa. Terdapat 3 pelinggih (bangunan pemujaan) yang bersimbolkan Naga suci (Sang Hyang Naga Tiga), yakni Sang Hyang Naga Ananthaboga yang melambangkan bumi, Sang Hyang Naga Basuki yang melambangkan air, dan Sang Hyang Naga Taksaka yang melambangkan udara. Ketiga Dewa tersebut yang diyakini membentuk Pulau Bali.

 

Sumber foto: www.nusantarakumedia.com/IGustiBagusAryaPutra

 

Menurut masyarakat sekitar, goa pada Pura Goa Raja dapat tembus ke goa di Pura Goa Lawah. Zaman dahulu, goa ini dapat tembus ke goa Pura Goa Lawah, tetapi karena gempa bumi pada tahun 1917 membuat bagian dalam goa ini tertimbun dan memutus hubungan antara kedua goa. Pura Goa Raja dipercaya merupakan tempat bertemunya Sang Hyang Naga Tiga. Dalam Lontar Prekempa Gunung Agung yang ditulis, di mana Sang Hyang Tri Murti untuk menjaga bumi Beliau menjelma menjadi Sang Hyang Naga Tiga. Di mana Dewa Brahma turun menjelma menjadi Naga Ananta Bhoga, Dewa Wisnu menjelma sebagai Naga Basuki, dan Dewa Iswara menjelma menjadi Naga Taksaka.

 

Sumber foto: www.nusantarakumedia.com/IGustiBagusAryaPutra

 

Masyarakat Bali meyakini pada bagian kepala Naga Basuki mengarah ke laut menggerakan samudra menguap menjadi hujan. Ekornya menjadi gunung dan sisik ekornya menjadi pepohonan yang lebat. Kepala Naga Basuki itulah yang disimbolkan dengan Pura Goa Lawah dan ekornya menjulang tinggi sebagai Gunung Agung, di mana pusat ekornya tersebut dari Pura Goa Raja. Menurut cerita, Pura Goa Raja ini menjadi saksi cerita Dang Hyang Manik Angkeran. Manik Angkeran merupakan anak dari Danghyang Siddhimantra yang lahir dari upacara Homa yang dilakukan Beliau. Di lokasi Pura Goa Raja inilah Dang Hyang Manik Angkeran memotong ekor dari Sang Hyang Naga Basuki, karena pikirannya dipenuhi kegelapan oleh batu intan yang berada di bagian ekor Sang Hyang Naga Basuki.

 

Sumber foto: www.nusantarakumedia.com/IGustiBagusAryaPutra

 

Sang Hyang Naga Basuki pun marah dengan menyemburkan api mengikuti arah kaburnya Manik Angkeran yang membawa intan dan membuat Manik Angkeran menjadi abu. Lokasi terbakarnya Manik Angkeran tersebut kini menjadi Pura Manik Mas Besakih dan bernama Cemara Geseng. Sementara itu, permata milik Manik Angkeran ditempatkan sebagai pusaka di Pura Dalem Lagaan di Desa Bebalang, Bangli. Manik Angkeran dihidupkan kembali oleh Sang Hyang Naga Basuki, karena Dang Hyang Siddhimantra berhasil menyambung kembali ekor Sang Hyang Naga Basuki yang terpotong tersebut. Setelah hidup kembali, Manik Angkeran dibawa menghadap ke Sang Hyang Naga Basuki dan tempat tersebut kini menjadi Pura Bangun Sakti.

 

Sumber foto: www.nusantarakumedia.com/IGustiBagusAryaPutra

 

Pura Goa Raja dipercaya masyarakat sekitar berstana Ida Bhatara Rambut Sedana (yang dikenal dengan Dewi Kesejahteraan). Jadi bagi kalian yang sedang berada di Kabupaten Karangasem, jangan lupa untuk memasukan Pura Goa Raja ke dalam daftar kunjungan ya. Perlu diingat untuk menjaga sopan santun selama memasuki areal suci Pura. Bagi pengunjung yang sedang mengalami masa menstruasi disarankan untuk tidak memasuki areal Pura demi menjaga kesucian Pura.

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *